Berita

PONPES KARANGSAWO PACIRAN GELAR PENGAJIAN NISHFU SYA’BAN

Acara didahului dengan munajat doa istighotsah yang dipimpin oleh Pengasuh PP. Karangsawo Paciran, K. Minhajul Abidin. Lalu dilanjutkan dengan penampilan Group Sholawat Majelis Almaqoshida pimpinan Habib Alwi dan Habib Idrus Ashegaf dari Babat, Lamongan.

Pondok Pesantren Karangsawo Paciran menggelar acara Pengajian Nishfu Sya’ban pada hari Sabtu Malam Minggu 20-21 April 2019 / 15 Sya’ban 1440 H. Pengajian dihadiri ribuan jamaah dari Paciran dan Brondong. Ada yang khas setiap acara di Ponpes Karangsawo Paciran adalah setiap jamaah yang hadir diawal acara sudah disuguhi dengan jamuan makan dan minum serta jamuan untuk jamaah.

Penceramah acara malam itu adalah KH. Syaiful Munir dari Bungah, Gresik. Meski diawal ceramahnya lokasi sempat diguyur hujan deras, namun beliau tetap menyampaikan hikmah malam nisyfu sya’ban kepada para jamaah. Beliau menyampaikan bahwa menghidupkan malam Nishfu Sya’ban dengan serangkaian ibadah termasuk perbuatan yang dianjurkan oleh Rasululllah ﷺ, hendaknya pada malam tersebut kita gunakan waktu sebaik-baiknya untuk melakukan ibadah. Mengapa? Lantaran kemuliaan dan keistimewaan malam tersebut yang tidak boleh berlalu begitu saja. Plus malam Nishfu Sya’ban ini datang setahun sekali, yang boleh jadi pada tahun depan kita belum tentu dapat bertemu dengannya. Oleh karena itu, sambut dan isilah dengan serangkaian ibadah sebanyak dan sebaik mungkin seperti berdzikir, berdoa, membaca al-Qur’an, membaca shalawat, membaca surat Yasin, shalat Awwabin atau shalat Tasbih, bershadaqah, bersilaturrohim dan perbuatan baik lainnya. sehingga umur dan waktu kita tidak berlalu begitu saja.

Di antara keistimewaan bulan Sya’ban adalah diangkatnya atau disodorkan amal manusia untuk dilaporkan kepada Allah. Bulan Sya’ban (termasuk malam Nishfu Sya’ban) adalah malam tutup buku catatan amal, di mana amal seseorang diangkat ke langit dan digantikan dengan buku baru. Oleh karena itu, alangkah lebih baiknya apabila amal kita yang paling akhir ditulis itu adalah amal yang sangat baik. Atau, alangkah lebih baik ketika amal kebaikan kita disetor dan diangkat ke langit, kita dalam keadaan sedang beribadah dan berbuat kebaikan. Diantara amalan-amalan yang dianjurkan para Ulama’ pada malam Nishfu Sya’ban adalah
َ Memperbanyak Sholawat Nabi ﷺ
ALLAHUMMA SHOLLI ALAA SAYYIDINA MUHAMMAD WA ALAA AALI SAYYIDINA MUHAMMAD SAW.

Semoga bermanfaat dan kita bisa mengamalkan taushiyah beliau malam itu. Aamiin.
Acara ditutup dengan bacaan doa penutup oleh Ust. Abdurrohim dan Habib Idrus Ashegaf. (Ried)

Previous ArticleNext Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *