Berita

FESTIVAL SHOLAWAT AL-BANJARI SE-JAWA TIMUR

Dalam rangka memperingati Isra’ Mi’raj Nabi Muhammad SAW dan harlah Group Sholawat El-Makiyah ke-3 OSIS SMA Mazra’atul Ulum Paciran menggelar Festival Sholawat Al-Banjari Se-Jawa Timur kemarin (28-04-2019). Festival ini diikuti 55 group sholawat dari seluruh penjuru daerah di Jawa Timur.

Acara dibuka oleh Ketua Tanfidziyah NU Ranting Paciran, Drs. H. Abdullah Ma’shum. Dalam sambutannya beliau menyampaikan, “Kami mengapresiasi kemandirian siswa-siswi SMA Mazra’atul Ulum dalam menyelenggarakan kegiatan atau even Sekolah/Madrasah Mazra’atul Ulum Paciran agar menjadi madrasah yang berkualitas yang diminati masyarakat sekitar yang mampu memberikan prestasi dan kualitas terbaik bagi masyarakat.”
Kepala SMA Mazra’atul Ulum Paciran, Hj. Dewi Makkiyah, S.Pd. ketika diwawancarai media online ini menyampaikan, “Saya sangat bersyukur karena pendidikan kemandirian sudah terbentuk di anak- anak murid SMA Mazra’atul Ulum. Terbukti mereka telah mampu mengadakan kegiatan tahunan Festival Sholawat Al-Banjari El-Makkiyah ke-3 selalu swadaya sendiri, mencari sponsor sendiri, mencari peserta, menyiapkan semuanya sendiri. Kata mereka, semua ini kami lakukan sebagai bukti cinta kita kepada Rasulullah SAW.”
Lebih lanjut Bu Dewi menyampaikan, “Pelaksanaan festival ini bertujuan untuk menepis budaya barat dan mulai mencintai budaya Islam dengan bersholawat. Mereka selalu yakin dengan sholawat akan mendapat syafaat dan selalu mendapatkan kemudahan dari Allah SWT.”
Ketika diwawancarai tentang asal-usul berdirinya kegiatan ekstra kurikuler ini Bu Dewi berujar, “Karena permintaan dari anak didik baru tiga tahun lalu, yaitu ananda Tika dkk. yang menginginkan masuk SMA Mazra’atul Ulum dengan syarat sekolah ini harus memiliki Group Sholawat Al-Banjari.
Dan ananda Tika dkk. yakin melalui potensi yang mereka miliki bisa mengembangkan Group Sholawat Al-Banjari.
Pada awalnya, saya tes vokal mereka dulu, dan Subhanallah ananda Tika luar biasa, dengan bantuan ananda Tika dkk. meraka lau mencari pembina ekskul itu, Pak Zakky sebagai pembina penabuh terbang dan pembina vokal Bu Luluk. Dengan melalui latihan yang terus menerus. Group Sholawat Al-Banjari El-Makkiyah dapat berkembang pesat, selalu ikut event kejuaraan, dan Alhamdulillah sudah juara tingkat kabupaten sampai tingkat propinsi.
Ketua Panitia Festival, Thoha Maulana menyampaikan bahwa kegiatan yang dimulai pukul sebelas siang ini baru selesai pukul satu tengah malam karena antusiasme para peserta festival. Dan pada akhir festival lalu diumumkan para juara sebagai berikut :


Tingkat umum : Juara 1 Group Sholawat Al-Mashabi PP. Tabah Kranji, Juara 2 Group Sholawat Badiuzzaman Kembangbahu Lamongan, Juara 3 Group Sholawat Al-Muqtashima PP. Sunan Drajat Banjaranyar.

Tingkat pelajar : Juara 1 Group Sholawat Al-Hidayah, Juara 2 Group Sholawat At-Taufiq, Juara 3 Group Sholawat Musytaqun Ilaik.
Para juara mendapat tropi dan dana dari panitia festival. Semoga menjadikan pemacu semangat bagi sang juara maupun yang belum menjadi juara.
Ahmad Farid, S.Pd. selaku Sekretaris Pengurus BP3MNU Mazraatul Ulum Paciran menyampaikan kebanggaannya even festival sholawat ini bisa berlangsung dengan baik dan berharap even ini bisa lebih meriah di masa mendatang.(*)

Previous Article

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *